PERBEDAAN PASAR TRADISIONAL DAN ONLINE SHOP
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran
dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar
mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan
konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual.
Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan
perdagangan hasil-hasil pertanian seperti kentang, beras, kopi, dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula
perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian
istimewa (pertukangan, kerajinan).
Dalam
persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlah
pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli
dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing
pembeli dan penjual telah menerima tingkat harga yang terbentuk di pasar
sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat di ubah. Bagi pembeli, barang
atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari keseluruhan jumlah pembelian
masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual
menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikan harga. Maka
pembeli akan lari penjual lainnya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi,
prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa
dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang
dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini
merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam
pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan
perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar,
sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar
bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai
komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa
contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat
parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan
pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar
ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap
struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa
dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar
peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga
nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa
teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua
peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan
memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar
mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah
pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi
manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (lih. kepemilikan) jasa dan barang.
2.2 Pengertian Pasar Tradisional
Pasar tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang dibangun oleh pihak pemerintah, swasta, koperasi,
dan swadaya masyarakat. Tempat usahanya dapat berbentuk toko, kios, los, dan
tenda yang menyediakan barang-barang konsumsi sehari-hari masyarakat. Pasar
tradisional biasanya dikelola oleh pedagang kecil, menengah, dan koperasi.
Proses penjualan dan pembelian dilakukan dengan tawar-menawar. Para
pengelolanya bermodal kecil. Contoh pasar tradisional antara lain Pasar Tanah Abang (jakarta) dan Pasar klewer (pekalongan).
Pasar
tradisional adalah pasar yang pelaksanaanya bersifat tradisional tempat
bertemunya penjual pembeli, terjadinya kesepakatan harga dan terjadinya
transaksi setelah melalui proses tawar-menawar harga. Biasanya pasar tradisional
umumnya menyediakan berbagai macam bahan pokok keperluan rumah tangga, dan
pasar ini biasanya berlokasi di tempat yang terbuka. Bangunan di pasar ini
berbentuk toko dan los. Toko semi permanen umumnya digunakan untuk berjualan
aneka kue, pakaian, dan barang atau perabotan lainnya. Adapun los-nya yang
digunakan untuk berjualan buah-buahan, sayuran, ikan, daging dan sebagainya.
Penerangan di pasar tradisional secukupnya, dan tidak ber-AC. Kebersihan juga
kadang kurang terjaga, seperti sampah banyak berserakan dan bertumpukan
sehingga sering menimbulkan bau. Akibatnya jika turun hujan, akan becek dan
kotor. Tapi semakin kesni kebersihan di pasar tradisional mulai di tingkatkan,
bahkan sekarang ada pasar tradisional yang rapih dan bersih sehingga nyaman
untuk dikunjungi.
Ciri-ciri
pasar tradisional
Berikut
ini ciri dari pasar tradisional:
- Proses jual beli barang dll. melalui proses tawar menawar harga.
- Barang yang dijual umumnya keperluan memasak,dapur dan rumah tangga.
- Harga barang yang di perjualbelikan relatif murah dan terjangkau.
- Area pasar tradisional biasanya di tempat yang terbuka.
- Adanya penjual dan pembeli.
- Adanya barang yang di perjual belikan.
- Terjadinya kesepakatan harga dan transaksi.
- Proses jual beli barang dll. melalui proses tawar menawar harga.
- Barang yang dijual umumnya keperluan memasak,dapur dan rumah tangga.
- Harga barang yang di perjualbelikan relatif murah dan terjangkau.
- Area pasar tradisional biasanya di tempat yang terbuka.
- Adanya penjual dan pembeli.
- Adanya barang yang di perjual belikan.
- Terjadinya kesepakatan harga dan transaksi.
Lalu
inilah Syarat-syarat pasar
Berikut
ini syarat dari pasar atau terbentuknya pasar, dapat kamu baca di bawah ini;
2.3 PENGERTIAN ONLINE SHOP
Saat anda membeli produk atau layanan melalui
internet, tanpa melalui toko tradisional, ini yang dinamakan online shopping
atau belanja online. Secara global, jumlah
masyarakat yang membeli melalui Internet semakin meningkat dikarenakan
kemudahan dalam prosedurnya.
Dimana saya dapat membeli secara online?
Anda dapat membeli segala macam produk atau
jasa secara online, mulai dari produkgrosir, kartu
ucapan, handphone dan ringtone untuk handphone, hampir semuanya bisa dibeli
secara online. Saat banyak orang masih nyaman berbelanja kebutuhan sehari-hari
dari toko di sekitarnya, banyak orang membeli tiket maupun tiket kereta melalui
internet. Selain itu orang-orang maupun perusahaan juga menggunakan berbagai
macam layanan online seperti layanan pemesanan online maupun website pencari
lowongan kerja.
Seberapa besar toko online di
Indonesia?
Meskipun belanja online masih belum terlalu
besar dan populer di Indonesia, pertumbuhan angkanya semakin meningkat setiap
tahunnya. Perkiraan tahun 2011, total belanja online di Indonesia mencapai 0.9
milyar dollar, dengan rata-rata pembelanjaan per orang sebesar 256 dollar, dan
persentase pengguna toko onlinedibanding populasi pengguna internet
adalah 6,5%.
Bagaimana asal mula toko online ?
Toko online menjadi populer semasa booming Internet
di tahun 1999-2000. Amazon.com, toko buku online yang didirikan oleh Jeff
Bezoz, mencatat sejarah dengan menjadi toko buku pertama yang hadir di
Internet. Mengikuti sukses dari Amazon, banyak toko buku yang memiliki toko
secara fisik, juga hadir di Internet. Kemudian, portal seperti Yahoo.com dan
MSN.com juga memulai kanal belanja online dimana orang-orang dapat membeli
produk yang lebih bervariasi. Untuk di Indonesia portal seperti Bhinneka.com
dan TokoBagus.com merupakan salah satu toko online yang
cukup terkenal.
Apa keuntungan dari belanja online?
Sifatnya yang mudah, cepat dan terkadang lebih
murah. Secara umum, dibanding berdiri di antrian yang panjang menunggu giliran
membeli tiket, orang lebih suka cara yang lebih sederhana dengan log-in di
website dan membeli langsung secara online. Dalam beberapa hal, anda mungkin
berkenan membayar harga premium untuk pembelian online dikarenakan faktor
kemudahan dan kenyamanannya.
Sebagai contoh, apabila anda membeli tiket
secara online, mungkin anda harus membayar lebih mahal sedikit dibanding beli
langsung di loket, tetapi orang-orang lebih memilih online karena faktor
kemudahan tersebut. Membeli online juga berguna apabila anda ingin mengirimkan
hadiah ke teman yang bertempat tinggal di kota atau negara yang berbeda.
Sebagai contoh anda dapat memesan bunga untuk teman anda di New York di hari
ulang tahunnya dengan memesan secara online di Internet dari rumah anda di
Indonesia.
Apa kategori yang paling populer di toko online?
Travel adalah kategori yang paling populer
dalam pembelian online. Seperti tiket online, saat ini penjualan tiket
pesawat online semakin meningkat dari waktu ke waktu. Masyarakat dapat
mengunjungi website maskapai penerbangan dan memesan tiket atau ke website
travel agent, website travel seperti makemytrip.com, expedia.com dimana anda
dapat memesan paket perjalanan dan hotel. Situs semacam Expedia.com juga
memiliki jaringan hotel yang luas dan jumlah pemesan hotel yang banyak. Selain
itu juga memesan melalui online seringkali mendapatkan potongan harga yang
menarik.
Apakah saya memerlukan kartu kredit untuk
membeli secara online?
Sebagian besar, ya. Meskipun penjual online di
Indonesia kebanyakan memiliki sistempembayaran yang konvensional, kartu kredit masih
merupakan sistem pembayaranonline yang paling banyak digunakan
di Internet. Apabila anda memiliki tabungan di bank, anda dapat menggunakan
Internet banking dan penggunakan Internet banking PIN (personal identification
number) untuk melakukan pembayaran online selain kartu kredit.
Jumlah yang dibayarkan akan secara otomatis di-debit dari tabungan anda, dalam
hal ini anda tidak memerlukan kartu kredit.
Dengan pertumbuhan perangkat mobile dan
smartphone, para penjual online juga hadir dengan inovasi pembayaran melalui
telepon genggam. Rediff.com dan Citibank menggunakan solusi pembayaran dimana
pemilik akun di Citibank dapat melakukanpembayaran melalui SMS.
Beberapa penjual juga membuka sistem pembayaran melalui
cek. Ini umumnya digunakan untuk pembelian layanan online seperti lelang
online. Dalam hal ini, penjual menerima cek, dan setelah cek dicairkan, iklan
lelang anda akan diaktifkan.
Apakah aman membayar secara online?
Standar pengamanan untuk belanja online saat
ini telah sangat maju, jadi kini sudah aman untuk membayar menggunakan kartu
kredit anda. Detail kartu kredit dan informasi lainnya kini telah dienkripsi
dan dikirimkan melalui jalur yang aman di Internet. Meskipun tidak ada sistem
yang betul-betul sempurna, namun sudah banyak orang yang memberikan testimoni
mengenai kemudahan dan keamanan dalam berbelanja online.
BAB III
Kesimpulan
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi,
prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa
dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang
dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini
merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam
pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan
perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar,
sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar
bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai
komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa
contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat
parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan
pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar
ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang. Pasar tradisional adalah pasar
yang dibangun oleh pihak pemerintah, swasta, koperasi, dan swadaya masyarakat.
Tempat usahanya dapat berbentuk toko, kios, los, dan tenda yang menyediakan
barang-barang konsumsi sehari-hari masyarakat. Pasar tradisional biasanya dikelola
oleh pedagang kecil, menengah, dan koperasi. Proses penjualan dan pembelian
dilakukan dengan tawar-menawar. Para pengelolanya bermodal kecil, Sedangkan online shop adalah membeli atau menjual
barang menggunakan internet
Daftar pustaka :
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_9._PASAR.
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-tradisional-dan-ciri-cirinya.html BAB
I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar