Minggu, 11 Oktober 2015

Artikel tentang " Perbedaan Pasar Tradisional dan Online Shop "

PERBEDAAN PASAR TRADISIONAL DAN ONLINE SHOP

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti kentang, beras, kopi, dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan).
Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlah pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjual telah menerima tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (lih. kepemilikan) jasa dan barang.

2.2 Pengertian Pasar Tradisional
Pasar tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang dibangun oleh pihak pemerintah, swasta, koperasi, dan swadaya masyarakat. Tempat usahanya dapat berbentuk toko, kios, los, dan tenda yang menyediakan barang-barang konsumsi sehari-hari masyarakat. Pasar tradisional biasanya dikelola oleh pedagang kecil, menengah, dan koperasi. Proses penjualan dan pembelian dilakukan dengan tawar-menawar. Para pengelolanya bermodal kecil. Contoh pasar tradisional antara lain Pasar Tanah Abang (jakarta) dan Pasar klewer (pekalongan).
Pasar tradisional adalah pasar yang pelaksanaanya bersifat tradisional tempat bertemunya penjual pembeli, terjadinya kesepakatan harga dan terjadinya transaksi setelah melalui proses tawar-menawar harga. Biasanya pasar tradisional umumnya menyediakan berbagai macam bahan pokok keperluan rumah tangga, dan pasar ini biasanya berlokasi di tempat yang terbuka. Bangunan di pasar ini berbentuk toko dan los. Toko semi permanen umumnya digunakan untuk berjualan aneka kue, pakaian, dan barang atau perabotan lainnya. Adapun los-nya yang digunakan untuk berjualan buah-buahan, sayuran, ikan, daging dan sebagainya. Penerangan di pasar tradisional secukupnya, dan tidak ber-AC. Kebersihan juga kadang kurang terjaga, seperti sampah banyak berserakan dan bertumpukan sehingga sering menimbulkan bau. Akibatnya jika turun hujan, akan becek dan kotor. Tapi semakin kesni kebersihan di pasar tradisional mulai di tingkatkan, bahkan sekarang ada pasar tradisional yang rapih dan bersih sehingga nyaman untuk dikunjungi.
Ciri-ciri pasar tradisional
Berikut ini ciri dari pasar tradisional:


  • Proses jual beli barang dll. melalui proses tawar menawar harga.
  • Barang yang dijual umumnya keperluan memasak,dapur dan rumah tangga.
  • Harga barang yang di perjualbelikan relatif murah dan terjangkau.
  • Area pasar tradisional biasanya di tempat yang terbuka.
  • Adanya penjual dan pembeli.
  • Adanya barang yang di perjual belikan.
  • Terjadinya kesepakatan harga dan transaksi.
  • Proses jual beli barang dll. melalui proses tawar menawar harga.
  • Barang yang dijual umumnya keperluan memasak,dapur dan rumah tangga.
  • Harga barang yang di perjualbelikan relatif murah dan terjangkau.
  • Area pasar tradisional biasanya di tempat yang terbuka.
  • Adanya penjual dan pembeli.
  • Adanya barang yang di perjual belikan.
  • Terjadinya kesepakatan harga dan transaksi.


Lalu inilah Syarat-syarat pasar
Berikut ini syarat dari pasar atau terbentuknya pasar, dapat kamu baca di bawah ini;

2.3 PENGERTIAN ONLINE SHOP
Saat anda membeli produk atau layanan melalui internet, tanpa melalui toko tradisional, ini yang dinamakan online shopping atau belanja online. Secara global, jumlah masyarakat yang membeli melalui Internet semakin meningkat dikarenakan kemudahan dalam prosedurnya.
Dimana saya dapat membeli secara online? 
Anda dapat membeli segala macam produk atau jasa secara online, mulai dari produkgrosir, kartu ucapan, handphone dan ringtone untuk handphone, hampir semuanya bisa dibeli secara online. Saat banyak orang masih nyaman berbelanja kebutuhan sehari-hari dari toko di sekitarnya, banyak orang membeli tiket maupun tiket kereta melalui internet. Selain itu orang-orang maupun perusahaan juga menggunakan berbagai macam layanan online seperti layanan pemesanan online maupun website pencari lowongan kerja.
Seberapa besar toko online di Indonesia?
Meskipun belanja online masih belum terlalu besar dan populer di Indonesia, pertumbuhan angkanya semakin meningkat setiap tahunnya. Perkiraan tahun 2011, total belanja online di Indonesia mencapai 0.9 milyar dollar, dengan rata-rata pembelanjaan per orang sebesar 256 dollar, dan persentase pengguna toko onlinedibanding populasi pengguna internet adalah 6,5%.
Bagaimana asal mula toko online ?
Toko online menjadi populer semasa booming Internet di tahun 1999-2000. Amazon.com, toko buku online yang didirikan oleh Jeff Bezoz, mencatat sejarah dengan menjadi toko buku pertama yang hadir di Internet. Mengikuti sukses dari Amazon, banyak toko buku yang memiliki toko secara fisik, juga hadir di Internet. Kemudian, portal seperti Yahoo.com dan MSN.com juga memulai kanal belanja online dimana orang-orang dapat membeli produk yang lebih bervariasi. Untuk di Indonesia portal seperti Bhinneka.com dan TokoBagus.com merupakan salah satu toko online yang cukup terkenal.
Apa keuntungan dari belanja online?
Sifatnya yang mudah, cepat dan terkadang lebih murah. Secara umum, dibanding berdiri di antrian yang panjang menunggu giliran membeli tiket, orang lebih suka cara yang lebih sederhana dengan log-in di website dan membeli langsung secara online. Dalam beberapa hal, anda mungkin berkenan membayar harga premium untuk pembelian online dikarenakan faktor kemudahan dan kenyamanannya.
Sebagai contoh, apabila anda membeli tiket secara online, mungkin anda harus membayar lebih mahal sedikit dibanding beli langsung di loket, tetapi orang-orang lebih memilih online karena faktor kemudahan tersebut. Membeli online juga berguna apabila anda ingin mengirimkan hadiah ke teman yang bertempat tinggal di kota atau negara yang berbeda. Sebagai contoh anda dapat memesan bunga untuk teman anda di New York di hari ulang tahunnya dengan memesan secara online di Internet dari rumah anda di Indonesia.
Apa kategori yang paling populer di toko online?
Travel adalah kategori yang paling populer dalam pembelian online. Seperti tiket online, saat ini penjualan tiket pesawat online semakin meningkat dari waktu ke waktu. Masyarakat dapat mengunjungi website maskapai penerbangan dan memesan tiket atau ke website travel agent, website travel seperti makemytrip.com, expedia.com dimana anda dapat memesan paket perjalanan dan hotel. Situs semacam Expedia.com juga memiliki jaringan hotel yang luas dan jumlah pemesan hotel yang banyak. Selain itu juga memesan melalui online seringkali mendapatkan potongan harga yang menarik.
Apakah saya memerlukan kartu kredit untuk membeli secara online?
Sebagian besar, ya. Meskipun penjual online di Indonesia kebanyakan memiliki sistempembayaran yang konvensional, kartu kredit masih merupakan sistem pembayaranonline yang paling banyak digunakan di Internet. Apabila anda memiliki tabungan di bank, anda dapat menggunakan Internet banking dan penggunakan Internet banking PIN (personal identification number) untuk melakukan pembayaran online selain kartu kredit. Jumlah yang dibayarkan akan secara otomatis di-debit dari tabungan anda, dalam hal ini anda tidak memerlukan kartu kredit.
Dengan pertumbuhan perangkat mobile dan smartphone, para penjual online juga hadir dengan inovasi pembayaran melalui telepon genggam. Rediff.com dan Citibank menggunakan solusi pembayaran dimana pemilik akun di Citibank dapat melakukanpembayaran melalui SMS.
Beberapa penjual juga membuka sistem pembayaran melalui cek. Ini umumnya digunakan untuk pembelian layanan online seperti lelang online. Dalam hal ini, penjual menerima cek, dan setelah cek dicairkan, iklan lelang anda akan diaktifkan.
Apakah aman membayar secara online?
Standar pengamanan untuk belanja online saat ini telah sangat maju, jadi kini sudah aman untuk membayar menggunakan kartu kredit anda. Detail kartu kredit dan informasi lainnya kini telah dienkripsi dan dikirimkan melalui jalur yang aman di Internet. Meskipun tidak ada sistem yang betul-betul sempurna, namun sudah banyak orang yang memberikan testimoni mengenai kemudahan dan keamanan dalam berbelanja online.
BAB III
Kesimpulan
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang. Pasar tradisional adalah pasar yang dibangun oleh pihak pemerintah, swasta, koperasi, dan swadaya masyarakat. Tempat usahanya dapat berbentuk toko, kios, los, dan tenda yang menyediakan barang-barang konsumsi sehari-hari masyarakat. Pasar tradisional biasanya dikelola oleh pedagang kecil, menengah, dan koperasi. Proses penjualan dan pembelian dilakukan dengan tawar-menawar. Para pengelolanya bermodal kecil, Sedangkan online shop adalah membeli atau menjual barang menggunakan internet

Daftar pustaka :
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_9._PASAR.
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-tradisional-dan-ciri-cirinya.htmlBAB I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar